Friday, May 25, 2012

Penyedia mohon segera upload dokumen penawaran

Dalam lelang lewat LPSE, peserta tender sering memasukkan penawaran disaat-saat terakhir  batas jam pemasukkan dengan data lampiran yang berat-berat.  Seperti suasana orang mudik lebaran, lewat jalan tol yang biasanya lancar kalau yang lewat banyak  ya macet juga.

Peserta tender masih memiliki pola pikir yang sama. Karena takut dicontek mereka yang mendaftar seringkali memasukan dokumen penawaran di menit-menit terakhir, menjadikan koneksi jaringan overload dan jammed karena banyaknya dokumen yang masuk di saat yang bersamaan.

Pemasukan penawaran dokumen tidak akan bisa dilihat oleh penyedia lain ataupun pihak LPSE selama belum waktunya.
Untuk menjaga kerahasiaan dokumen peserta lelang, LKPP bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara dengan mengenkripsi setiap dokumen penawaran yang diunggah oleh peserta.

Enkripsi dokumen dikerjakan oleh Lembaga Sandi Negara dan diubah dalam bentuk sandi sehingga tidak bisa dibuka sebelum hari-H (saat pembukaan penawaran). Jadi jangan kuatir dengan kerahasiaannya karena dokumen yang masuk sudah dienkripsi, sistem akan memilih mana yang rahasia dan mana yang bisa dilihat oleh publik. Di sini standar keamanannya mudah-mudahan sama seperti standar keamanan Istana Negara RI.
(sumber www.lkpp.go.id)

No comments:

Post a Comment