Monday, March 4, 2013

Data HPS untuk pengadaan skala besar

Ukuran pengadaan skala besar, minimalnya berapa ?  

Hal tersebut tidak ada dalam ketentuan . 
Dikembalikan saja kepada praktek bisnisnya. Pengadaan berapapun perlu ditelusuri adakah potongan harga untuk pembelian barang atau jasa, potongan harga atau diskon mengurangi nilai HPS kita.
Misal bila kita mendapatkan informasi harga untuk suatu barang Rp. 500 juta dan ada potongan harga 7 % maka HPS kita menjadi 500juta - (500 juta x 7%) =  Rp. 472 juta. 


Sumber HPS untuk pengadaan skala besar ?
Sumber HPS untuk skala besar, informasi harga pasarnya adalah didapat dari distributor, pabrikan atau pemasok asal.  (Pemasok asal seperti pemasok langsung pasir, batu dsb). Jadi kalau ada pengadaan skala besar, sangat disayangkan bila sumber informasi kita adalah harga pasar di para pengecer. 

Contoh kita membangun gedung senilai Rp 3 miliar, informasi harga dari toko-toko pengecer mengenai bahan bangunan akan menjadikan HPS kita tinggi. Sehingga terjadi inefisiensi (pemborosan anggaran)

Kemampuan untuk mencari pasar sebenarnya untuk HPS adalah seni dan kompetensi.

Pengadaan untuk nilai Rp. 2,5 miliar disarankan untuk mencari informasi harga di distributor, pabrikan atau penyedia asal. Termasuk tidak melupakan potongan harga.

Pengadaan untuk nilai Rp. 2,5 miliar diikuti oleh para penyedia non kecil. Penyedia kecil diperbolehkan ikut pengadaan diatas Rp. 2,5 miliar, namun penyedia kecil harus bisa bersaing di harga pasar untuk skala besar. 

No comments:

Post a Comment